Ahli Bidah & Ahlus Sunnah

Kupostkan Artikel ini karena Saya yang kekurangan Ilmu Agama Terkadang sering dibuat bingung dalam beramal oleh orang yang selalu teriak bid'ah sana bid'ah sini ( Ahli Bid'ah ) Padahal Sebelum Saya taat Beribadah, Mereka Diam-diam saja dan bahkan tidak pernah mengajak saya shalat. Artikel ini di Copy dari facebook, Semoga Artikel ini Ada Manfaatnya.
Berdebat tentang bid'ah mnjadi sebuah TREND di masyarakat kita, terutama orang-orang awam yang belum mengenal syariat islam secara penuh. mereka seakan-akan menjadi hakim yang benar sendiri, menghukumi amalan para ulama, kiyai, dan masyarakat entah apa motifnya, mereka mempermasalahkan ibadah-ibadah yang telah mnjadi rutinitas kebanyakan umat islam, termasuk para ulama. dimanapun mereka berada bid'ah di perbincangkan kesana-kemari dan di buat mngklaim ibadah sebagian orang. ada yang menyesatkan, menfasikkan, dan bahkan ada yang mngatakannya musyrik dan kafir. sikap-sikap yang keterlaluan ini sangat meresahkan saudaranya sendiri yang seragama.

tuduhan-teduhan bid'ah tersebut terutama dari kalangan wahabi. berdasarkan hadis "WA KULLU BID'ATIN DHALALAH, menurut mereka semua bid'ah hukumnya sesat. dalam hal ini seorang ulama wahabi kontemporer, syekh muhammad bin shalih al-utsaimin belajar kepada syekh abdul aziz bin baz yang beliau anggap sebagai syekhnya yang kedua. beliau memulainya dengan belajar shahih bukhari, sebagian risalah syekh ibnu taimiyah, dan beberapa kitab fiqih berkata di dalam kitabnya,"semua bid'ah adalah sesat, bersifat general, umum, menyeluruh tanpa terkecuali, dan di pagari dengan kata yang mnunjukkan pada arti yang mnyeluruh dan umum yang paling kuat, yaitu KULL (menyeluruh). apakah ketetapan mnyeluruh ini mmbuat kita mmbenarkan pembagian bid'ah mnjadi tiga bagian?? selamanya itu tidak akan pernah benar."

perlu di ketahui melontarkan klaim bid'ah secara ekstrem pada golongan yang tidak sependapat akan menyulut api kebencian sebab kebencian muncul akibat fanatisme mazhab dan kurangnya ilmu yang dimiliki. untuk itu mari kita kupas kembali pengertian bid'ah dan sunnah dalam perspektif syariat. ini perlu untuk mngetahui sejauh mana bid'ah dikatakan sunnah untuk mngetahui apakah setiap bid'ah itu di larang atau tidak, untuk mengetahui bagaimana bid'ah yang masuk ke dalam agama, dengan demikian, umat islam tidak bingung ketika melaksanakan amalan yang diklaim bid'ah oleh kelompok lain.
Dalam Istilah Dakwah.... "Perbedaan Pendapat Ulama Insya Allah Akan Ada Berkahnya" Wallahu A'lam Bishawab
 
CLICK TOMBOL LIKE DIBAWAH

0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar