Tips Mudik Dengan Sepeda Motor

Menggunakan Kendaraan Sepeda Motor Saat Mudik adalah satu alternatif yang sangat efektif untuk menghindari kemacetan, karena dengan menggunakan sepeda motor, kita bisa nyalip kesana-kemari meskipun dalam keadaan Macet. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menghormati hak pengguna jalan lainnya, jangan sampai akibat kita menyalip sana-sini, justru tembah memperparah kemacetan.


Berikut beberapa Tips dari Nandar dan beberapa Tips Lainnya yang Nandar Rangkum dari beberapa situs di internet.

Siapkan Catatan :
Sebelum Berangkat Ke Kampung Halaman, Buatlah Catatan Khusus dan Daftar / Check List terlebih dahulu, yang meliputi perlengkapan apa yang harus dibawah, tempat-tempat alternatif yang bisa disinggahi untuk beristirahat, rute perjalanan, dan lain-lain.

Berikut Beberapa Benda Yang Perlu di Ingat, dan Saran Keamanan Penggunaannya dari Nandar.
HELMET ( HELEM )
Helm adalah Salah Satu Benda Paling Penting Untuk dibawah saat menggunakan sepeda motor, Peraturan Lalu Lintas Mewajibkannya, karena Merupakan Pengaman Kepala, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Gunakanlah Helem Standard, Yang menutupi seluruh bagian kepala hingga kebelakang leher. Jika Punya, Gunakan Helem Yang Mempunyai dua lapisan kaca. Kaca Pertama dibagian dalam, ukurannya lebih kecil berwarna gelap berfungsi sebagai sunglasses cocok dipakai saat cuaca terik, Lapisan Kaca Kedua Berwarna Bening untuk menghalau debu masuk kemata dan wajah, biasanya menutupi seluruh bagian muka / wajah. Hindari Penggunaan Kaca / Mika Helem Yang Berwarna Gelap Pada Malam hari.

KACA MATA
Nandar Menyarankan Anda Untuk membawa Kacamata bukan untuk bergaya, melainkan untuk melengkapi keperluan berkendara anda, kacamata yang anda perlukan disesuaikan dengan Jenis Helm yang anda miliki. Jika Kaca pelindung Helm Milik Anda berwarna Gelap, Maka Bawalah Kacamata yang berwarna putih bening, Sebaliknya Jika Kaca Pelindung Helm Anda Berwarna Putih Bening, Maka Bawalah Kacamata Rayben atau Sunglasses. Pilihlah Kacamata Yang Agak Lebar Agar Mata Anda Tidak Perih dan Iritasi Saat Berkendara, Akibat Angin dan Debu dijalan.


JACKET / SWEATER
Jacket / Sweater Berfungsi Untuk Melindungi kulit dari Terik Matahari disiang Hari dan Angin / Cuaca Dingin dimalam hari. Pemilihan Jenis Jacket / Sweater Silakan Anda Pilih Menurut Kebutuhan Perjalanan Anda.

SEPATU DAN KAOS KAKI
Jauh atau Dekatnya Jarak Tempuh Anda Berkendara, Sangat disarankan untuk menggunakan Sepatu yang menutupi seluruh permukaan kaki. jangan menggunakan Sandal. Sepatu Berfungsi untuk melindungi kaki dari panas matahari dan mencegah putusnya jari-jari kaki akibat kecelakaan yang tidak diinginkan. Tips ini pernah ( Mungkin Sering ) ditayangkan di beberapa stasiun televisi di Indonesia.

PERLENGKAPAN SHALAT
Jangan Karena Anda Sibuk Mudik dan Pingin Cepat-cepat sampai di tempat tujuan Waktu-waktu shalat sampai terlupakan, Sehingga Saat Mendengar Adzan berkumandang anda tetap melaju sepeda Motor Anda. Bawalah Pakaian atau perlengkapan Shalat, minimal menggunakan pakaian yang anda gunakan dalam perjalanan yang memenuhi syarat sahnya Shalat seperti Celana diatas mata kaki ( Untuk Laki-Laki ) dan pakaian dalam keadaan bersih, bebas dari Najis.

BEKAL MAKAN / MINUM
Bawalah Bekal Makan / Minum untuk berbuka puasa / Sahur, Jika Anda Tidak Ingin Repot, Anda Bisa Mampir membeli Ketempat-tempat atau warung makan. Bekal ini sebagai Antisipasi bilamana Anda Dalam perjalanan Jauh yang sulit menemukan warung makan.

JAM TANGAN
Sebagai Alat Penunjuk Waktu ( Andapun tahu ) hehehe....

HANDPHONE
Sarana Komunikasi yang sudah seperti kebutuhan primer adalah Handphone, perangkat seluler ini memiliki berbagai macam fungsi selain untuk mengirim /menerima panggilan & layanan pesan singkat seperti peta, penunjuk waktu, Alarm Waktu Shalat dan sebagainya. Jangan Lupa di Isi Pulsa Ya.... hehehe.... #NB Jangan Melakukan ( Menerima/Mengirim ) Panggilan/SMS Saat Anda Sedang Berkendara. Berhentilah Sejenak Untuk Keamanan Anda.

RANSEL
Gunakan Tas / Ransel Yang Tidak Terlalu Membebani Perjalanan Anda.

Jika Mengantuk Anda Bisa Singgah Untuk Beristirahat, Nandar Sarankan Singgahlah di masjid sekalian Untuk melaksanakan Shalat Fardhu berjamaah atau Shalat-shalat Sunnah.

Demikianlah beberapa Tips Dari Nandar, Maaf Jika Masih Banyak Kekurangannya, Maklum saja, Nandar Tidak Pernah Mudik dengan Sepeda Motor.... hehehehe...... ini Nandar Tuliskan semata-mata karena kepedulian Nandar Pada Sahabat-Sahabat Yang Ingin Melakukan Mudik Lebaran.

Selamat Mencoba, Semoga Selamat Sampai Tujuan........
CLICK TOMBOL LIKE DIBAWAH

0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar