Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Kredit (Update 2022)


Surat Perjanjian Jual Beli Kredit ataupun tunai merupakan Hal yang sangat penting untuk mengikat pihak pembeli dan pihak penjual sebagai bukti, hitam diatas putih yang mempunyai kekuatan hukum untuk mencegah bentuk praktek-praktek kecurangan selama proses transaksi antara kedua belah pihak.

Surat Perjanjian Jual Beli ini biasanya digunakan untuk transaksi dengan nominal harga yang mahal, Baik Produk Baru maupun produk second ( bekas ) seperti Sepeda Motor, Mobil, elektronik, properti, dan sebagainya. dibawah ini adalah Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Yang Dapat Anda Copy Pada Microsoft word.

Semoga Informasi ini Membantu.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI KREDIT SEPEDA MOTOR

Kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama              :
NIK                 :
Umur               :
Alamat             :

Selaku penjual, yang selanjutnya disebut Pihak Pertama ( I )

Nama              :
NIK                 :
Umur               :
Alamat            :

Selaku pembeli yang selanjutnya, disebut Pihak Kedua ( II )

Pada hari ini, Kamis tanggal 20 Januari 2022 , Telah sepakat untuk mengadakan perjanjian jual beli kredit sepeda motor dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

Pasal 1
Pihak pertama menjual kepada pihak kedua 1 sepeda motor dengan harga Rp.  5.000.000.00, yang bermerek Mio Soul warna Hijau

Pasal 2
Pihak kedua membayar uang muka sebesar Rp. 200.000,00 dari harga tersebut diatas saat penandatanganan surat jual beli kredit sepeda motor, sedangkan sisanya dibayar perbulan sebesar Rp. 500.000,00 selama  10 bulan dengan cara kredit melalui pembayaran tunai.

Pasal 3
Pihak kedua berhak mengambil sepeda motor merek Yamaha Mio Soul sejak penanda tanganan surat perjanjian jual beli kredit dan uang muka yang telah dibayar sebagai barang bukti.

Pasal 4
Surat perjanjian ini berlaku sehingga kuitansi/bukti pembayaran uang muka Rp. 200.000,00

Pasal 5
Waktu pembayaran angsuran perbulan atau jatuh tempo pembayaran angsuran perbulan setiap pertanggal 3.

Pasal 6
Apabila dalam 3(tiga) bulan berturut-turut tidak membayar angsuran maka pihak pertama menarik sepeda motor tersebut dan sekaligus menjadi hak milik pihak pertama sampai tanggungan pihak kedua dilunasi.

Pasal 7
Pihak kedua menanggung seluruh pembayaran pajak kendaraan bermotor Yamaha Mio Soul tersebut diatas dan pihak kedua bertanggung jawab penuh atas kendaraan tersebut (hilang, kerusakan dll).

Pasal 8
Bilamana suatu ketentuan dari Perjanjian ataupun suatu bagian daripadanya berdasarkan alasan hukum diperlakukan sebagai tidak sah ataupun tidak dapat diterapkan, bagian-bagian lain dari Perjanjian akan tetap berlaku dan dapat diterapkan.

Pasal 9
Jika dalam perjanjian ini timbul suatu persoalan maka akan diselesaikan secara musyawarah/kekeluargaan, bila musyawarah tersebut mengalami kegagalan maka akan diselesaikan secara hukum.

            Demikian surat perjanjian jual beli kredit ini dibuat atas kesepakatan Pihak Pertama dan Pihak Kedua, tanpa adanya unsur paksaan didalamnya dan akan dipatuhi bersama. Perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua), dua-duanya bermeterai Rp. 10000 sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, dan saksi saksi,masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Maros 20 Januari 2022

Pihak kedua                                                                 Pihak pertama





____________________                                            ____________________
                        

Saksi 1                                                                         Saksi II                                   

Nama   :                                                                       Nama  :
Alamat :                                                                       Alamat:





____________________                                            ____________________




Catatan :
Anda Juga Bisa Mendownload Langsung Contoh Surat Perjanjian Jual Beli ini dengan Format PDF yang dapat langsung anda Cetak, atau Format Microsoft Word Jika Ada Yang Perlu Anda Ubah. CLICK DISINI

1 comment:

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar