Kesempurnaan Shalat Tergantung Taharah

Kesempurnaan ibadah sholat tergantung dari kesempurnaan taharah yang kita lakukan. Wudhu adalah salah satu ibadah agung dalam islam dan menjadi kemuliaan yang tinggi di sisi Allah.
- Wudhu merupakan pintu bagi seorang yang ingin mengerjakan ibadah sholat.
لا صلاة لمن لا وضوء له
artinya "Tak ada sholat bagi yang tak punya wudhu"(hadits hasan).
- Wudhu dapat menjadi rem bagi seseorang dalam kesehariannya agar ia tak mudah berlaku maksiat.
- Dan seorang yang menjaga wudhunya lalu ia meninggal maka sangat diharapkan ia meninggal dalam husnul khotimah.
Mengetahui keutamaan wudhu, maka seharusnya kita lebih baik dan menyempurnakan setiap rukun,wajib dan sunnah-sunnahnya. Diantara hal yang sering dilupakan adalah apa yang disebut Al-Istinsyaaq dan Al-Istintsaar dlm berwudhu.

Al-Istinsyaaq adalah menghirup air kedalam hidung dan Al-Istintsaar adalah mengeluarkan kembali air yang kita hirup dari hidung kita. Para ulama berbeda pendapat tentang hukumnya, diantaranya ada yang mengatakan bahwa hukum istinsyaaq wajib dan istintsaar sunnah begitupun sebaliknya.

Namun apapun itu tetap saja keduanya merupakan bentuk kesempurnaan dalam wudhu kita. bahkan Nabi shallallahu alaihi wasallam memerintahkan kita untuk bersungguh-sungguh dalam beristinsyaaq ketika berwudhu kecuali ketika kita sedang berpuasa agar air yang kita hirup tidak masuk tertelan melalui hidung kita. 

وبالغ في الإستنشاق إلا ان تكون صائما.
Dan bersungguh-sungguhlah kalian dalam beristinsyaaq kecuali bila kalian sedang berpuasa. (sunan abi dawud. hadits shohih).

CLICK TOMBOL LIKE DIBAWAH

0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar