Hadits dan Ayat Ukhuwah Islamiyah

Berikut Dalil-dalil Pentingnya Menjaga tali Persaudaraan antara sesama ummat Islam ( Ukhuwah Islamiyah ). Semoga Kita Tidak Hanya Membaca, Tapi Kita Niat Untuk Amal dan Sampaikan... Agar Ilmu ini bisa tersebar dan menjadi asbab tersebarnya Hidayah.... Insya Allah....

banyak Yang Sering bertanya, baik dalam hati maupun secara lisan tentang arti dan maksud Ukhuwah Islamiyah..... berikut dalil-dalil shahih menurut Al-quran dan As-Sunnah. dan dibawah ini sudah dirangkum beberapa Dalilnya. Semoga Bermanfaat.

Umat Islam adalah saudara satu sama lain karena ikatan akidah, syari’ah, dan akhlak yang sama, yakni Islam (ukhuwah Islamiyah). “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara...” (Q.S. AL-Hujurat:10).

Karena bersaudara, maka sesama Muslim sayang-menyayangi satu sama lain. "Sesama orang mukmin itu bagaikan satu bangunan yang saling meguatkan" (H.R. Bukhari).

“Tidak beriman seorang di antaramu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (H.R. Bukhori dan Muslim).

"Perumpamaan orang-orang mukmin dalam kasih-mengasihinya, sayang-menyayanginya, dan santun-menyantuninya, bagaikan satu tubuh yang jika satu anggotanya menderita sakit maka menderita pula keseluruhan tubuh..." (H.R. Muslim).

"Orang Muslim ialah yang menyelamatkan kaum Muslim dari (kejahatan) lisannya dan tangannya. Dan Muhajir itu ialah siapa yang meninggalkan apa-apa yang dilarang Allah" (H.R. Muslim).

“Ada lima kewajiban seorang Muslim terhadap Muslim lainnya: menjawab salam, memenuhi undangan, mengantarkan jenazah, mengunjungi ketika sakit, bertasymit ketika bersih membaca hamdalah” (H.R. Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Contoh ideal pelaksanaan kasih-sayang sesama Muslim adalah ketika kaum Anshar di Madinah menolong dan menyayangi kaum Muhajirin Makkah. Mereka memperlihatkan idealisme sebuah ukhuwah Islamiyah. Betapa kesatuan akidah Islam menjalinkan kesatuan hati dan jiwa umat, melahirkan ikatan persaudaraan yang erat dan mesra.

Persaudaran yang terjalin oleh rasa kasih-sayang, senasib-sepenanggungan, memperhatikan orang lain sebagaimana memperhatikan diri sendiri, sehingga mengikis habis penyakit-penyakit fir'aunisme, feodalisme, individualisme, fanatisme golongan (hizbiyah), dan sebagainya. Allah Subhanahu Wa Ta'ala pun mengabadikan jalinan ukhuwah mereka dalam Q.S. 59:9 dan 8:63.

Wallahu a’lam.


Salam Ukhuwah Islamiyah..^_^
Di Kutip Dari Facebook.
CLICK TOMBOL LIKE DIBAWAH


0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar