Arti Wallahu A'lam Bishawab


Sedikit Ilmu Yang Bisa Saya Sharing Pada Postingan Kali ini adalah tentang kalimat yang sering menjadi akhir dari diskusi atau ilmu-ilmu islam, baik dalam artikel maupun di forum-forum tertentu. dari beberapa Blog Sahabat yang Saya Kunjungi.

Arti kata Wallahu A'lam Bishawab di maksudkan bahwa, dengan mengucapkannya, berarti kita mengakui kefakiran pengetahuan kita sebagai Hamba ALLAH SWT yang Maha Sempurna, Kita Hanya Manusia, Tempatnya Salah Khilaf dan Lupa dan Hanya ALLAH SWT yang maha Mengetahui. Jadi, Arti Dari Kalimat Tersebut Adalah "dan Hanya ALLAH yang Maha Mengetahui"

Dalam kitab Shahih Bukhari kita menemukan sebuah hadits tentang ucapan wallahu a’lam sebagai berikut:

Abdullah Bin Mas’ud Radhiyallahu 'anhu berkata:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ، مَنْ عَلِمَ شَيْئًا فَلْيَقُلْ بِهِ، وَمَنْ لَمْ يَعْلَمْ فَلْيَقُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ، فَإِنَّ مِنَ العِلْمِ أَنْ يَقُولَ لِمَا لاَ يَعْلَمُ اللَّهُ أَعْلَمُ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لِنَبِيِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {قُلْ مَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ وَمَا أَنَا مِنَ المُتَكَلِّفِينَ}

“Wahai sekalian manusia, siapa yang mengetahui tentang sesuatu, sampaikanlah. Dan jika tak tahu, ucapkanlah, ‘Allahu a’lam’ (Allah Mahatahu). Karena, sungguh, termasuk bagian dari ilmu, jika engkau mengucapkan terhadap sesuatu yang tidak kau ketahui dengan ucapan: ‘Allahu a’lam’. Allah berfirman kepada Nabi-Nya: ‘Katakanlah (hai Rasul): ‘Aku tidak meminta upah sedikit pun pada kalian atas dakwahku dan bukanlah Aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan. ” (QS. Shad: 86)  (HR. Bukhari)

Wallahu A'lam Bishawab, Saya Hanya Manusia Biasa Yang menuntut Pengetahuan Dinul Islam secara online dan offline, Jika Ada Saudara-Saudariku yang bisa menambahkan, Silakan Posting Komentar. Terima Kasih Sudah Membaca dan Berkunjung.

Salam Ukhuwah ^_^

19 comments:

  1. trims akh akhirnya saya tau artinya :)

    http://ilmuku-hartaku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Jika manusia itu selalu mengatakan dan mengakhiri suatu percakapan mengucapkan "wallahualam", sudah pasti bahwa manusia itu tidak memiliki kesadaran jiwa dan akal sehatnya yang telah dikaruniakan oleh Allah Swt kepadanya(orang Bodoh).
    "Tuhan tidak memberitahu sesuatu itu dapat terjadi, jika sesuatu itu tidak atau belum pernah terjadi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah SWT, memang memberikan kesadaran jiwa dan akal sehat, namun ada keterbatasannya, manusia bukan Tuhan.., hanya Allah yang tahu yang Ghaib, yang tidak terlihat, yang tidak diketahui oleh kesadaran jiwa manusia dan akal sehatnya, Allah SWT, memang tidak akan pernah memberitahu sesuatu yang belum terjadi, tapi Allah SWT, tahu apa yang akan terjadi (merupakan rencana-Nya), dan manusia tidak mengetahuinya.., Wallahu A'lam Bishawab

      Delete
    2. Siip Thoyyib Akhi Semoga selalu dalam lindungan Allah Subhana Wa Ta'ala.. Barokallahu fiik

      Delete
  3. terimakasih sudah berbagi ilmunya, sekarang lebih mudah menuntut ilmu..
    setelah ke pengeajian secara offfline, pulang kerumah bisa diperdalam secara online..'
    kalo secara online tidak paham, bisa di tanyakan lagi di pengajian..
    dan saya berterimakasih bisa belajar secara online melalui blog anda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, senang sekali bisa berbagi sedikit ilmu dengan Ikhwan/Akhwat Fillah :-) jangan bosan berkunjung & membaca Artikel2 saya.

      Delete
  4. Terimakasih Atas Informasinya :) berkunjung ke web saya juga yha ;)

    http://klikvsi-yusufmansur.com/peluang-bisnis/

    ReplyDelete
  5. terima kasih pengertiannya mas. jazakallah khayran kasiran...

    Mau berbagi informasi lowongan kerja terbaru mas...
    http://expocpnsbumn.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum, bagai mana dg wallahu bissawab? apakah itu bagian2ny kg?

    ReplyDelete

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar