Air Sumur Bor Bau Bangkai

Teman-teman ada yang pernah mengalami masalah seperti ini tidak ? air yang sudah di pakai berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun dengan kondisi yang tawar, bening tak berbau, tiba-tiba menjadi bau bangkai. sangat menyengat dan tidak enak.

kondisi ini saya rasakan di rumah kontrakan saya 22 november 2019, sebenarnya air ini mulai saya sadari berbau sejak sekitar 5 hari yang lalu, namun belum terlalu berbau, bahkan istri saya menganggap biasa saja. tapi berhubung penciuman saya bisa dikatakan sangat sensitif, maka bau itu sangat mengganggu bagi saya, apalagi saat di gunakan untuk wudhu.

Apa penyebab air sumur menjadi berbau busuk seperti bau bangkai ?
hal tersebut juga menjadi pertanyaan saya yang menurut saya sangat misterius, pasalnya sejak awal ngontrak bulan maret lalu, kondisinya baik-baik saja, malahan saya sangat bersyukur, karena di kompleks perumahan saya bulan oktober lalu sempat mengalami pemutusan air PDAM selama lebih dari dua minggu karena kurangnya pasokan air. namun saya masih bisa menukmati air bersih dan tawar yang juga bisa saya bagikan ke tetangga yang kehabisan air sumur gali.

tetangga saya air sumur bornya ada yang bening tapi payau, ada juga yang tawar tapi bau, tapi di rumah kontrakan saya airnya tawar dan tidak ada bau.... namun rasa tidak enak saya rasakan sejak 5 hari terakhir.

saya tidak tahu pasti apa penyebabnya, tapi dari beberapa artikel di internet yang saya baca, penyebab air sumur berbau ada berbagai macam, salah satunya mengatakan bahwa, adanya bangkai dalam sumur, namun setelah saya cek, pipanya begitu rapih, rapat dan tak ada lubang yang memungkinkan untuk binatang sekecil apapun bisa masuk kedalam pipa.

ada juga yang menuliskan bahwa, penyebab air sumur bor menjadi bau karena dampak pencemaran limbah industri di lingkungan sekitar. dan... lagi-lagi kawasan industri lumayan jauh dari daerah saya. saya biasa mencium bau besi pada air sumur galian dan air sumur bor, tapi yang saya alami justru bau bangkai, seperti ada ular mati, tikus mati atau kodok mati di dalam sumur.

tapi seperti yang saya tuliskan di atas, sangat tidak mungkin untuk binatang sekecil apapun bisa masuk kedalam pipa yang terbungkus dan tertutup sangat rapih. kondisi terakhir saat saya mengetik artikel ini, yang terlihat pada air yang keluar dari kran saat mesin pompa di hidupkan adalah, adanya butiran2 pasir hitam, yang membuat saya mengambil kesimpulan bahwa, ada kemungkinan debit air dalam tanah semakin berkurang.

Bagaimana Mengatasi Air Sumur Bor Yang Berbau ?
Baca Selengkapnya CLICK DISINI

ISKANDAR DORMAN
Instagram : @iskandardorman
Facebook : /isdormanofficial
Twitter : @isdorman
Youtube : ISKANDAR DORMAN

0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar