Mengatasi air sumur yang berbau besi atau berbau bangkai

jika anda mengalami bau pada air sumur yang anda gunakan untuk keperluan sehari-hari, pasti sangat tidak nyaman, karena sejatinya fungsi air untuk manusia selain untuk minum juga untuk membersihkan diri dari kotoran dan bau.... laah bagaimana jika air yang akan kita gunakan yang justru bau ?

Kondisi ini juga saya alami, sehingga saya menuliskan artikel ini, sekedar untuk berbagi informasi, bisa di baca artikel sebelumnya, CLICK DISINI

Apa saja yang dapat di lakukan untuk menghilangkan bau pada air sumur bor ?
  • Menguras Sumur.
Untuk Menguras air sumur bor, tidak semudah jika kita menguras sumur galian dengan kondisi terbuka / menganga, sumur bor, pada umumnya hanya pipa yang membenam kedalam tanah, cara mengurasnya hanya dengan menghidupkan mesin air dan membuang airnya. namun cara ini tidak kita ketahui butuh waktu berapa lama, dan kita tidak bisa melihat secara pasti kadalam tanah, apa yang terjadi di bawah sana.... atau jangan-jangan airnya malah akan habis ? untuk itu saya sarankan anda menyiapkan dana untuk memanggil jasa tukang sumur bor. toh... ini juga untuk kenyamanan anda. kecuali anda sendiri adalah tukang sumur bor atau punya keahlian di bidang tersebut, mungkin anda dapat melakukannya sendiri.
  • Menggunakan Filter air Moderen
Cara kedua yang bisa lakukan adalah dengan membeli dan memasang filter air, secara tekhnis saya tidak tahu pemasangannya dan di mana membelinya, kemungkinan banyak di jual di toko-toko perkakas atau toko bahan bangunan, atau  di toko-toko besar seperti di informa. kita bisa meminta jasa pasang alat atau bisa meminta petunjuk cara pemasangannya jika kita merasa bisa memasangnya sendiri.
  • Menggunakan Filter air alami (Buatan Sendiri)
Selain menggunakan alat moderen, anda juga dapat menggunakan filter air yang di buat sendiri, yaitu dengan menggunakan wadah yang biasanya diisi dengan ijuk, pasir, batu-batuan, karung atau kain sebagai saringan, kemudian air yang akan di hilangkan bau dan warnanya di alirkan ke saringan tersebut, nanti hasil saringan bisa berkurang bau dan warnanya.
  • Menggunakan Bubuk / cairan penghilang bau
Anda bisa coba menggunakan bubuk tawas atau bubuk kaporit atau kaporit cair yang di larutkan kedalam air sumur, kemudian di diamkan beberapa saat sebelum di gunakan, hal ini saya tidak rekomendasikan karena saya juga tidak tahu dampak dari zat kimia yang terdapat dalam bahan-bahan tersebut. tapi dari beberapa ulasan yang saya dapatkan di internet dan juga di video-video youtube, saya melihat bahwa tidak sedikit orang yang menggunakan cara ini.
  • Menyimpan / mengendapkan air dalam wadah yang terbuka
Saya tahu (karena saya mengalami) tidak semua orang yang menggunakan air sumur bor juga menggunakan tandon penampungan.... jika menggunakan tandon / penampungan, saya sarankan buka penutup dari penampungan agar bau tidak mengendap didalam penampungan, sirkulasi udara yang masuk kedalam tandon atau penampungan bisa mengurangi bau, apalagi jika di diamkan selama beberapa jam. jika di inginkan boleh menaburi bubuk penghilang bau yang di sebutkan diatas.

Nah itu dia beberapa tips dari saya yang mudah-mudahan bisa membantu permasalahan kita semua..... cara lain yang bisa kita lakukan sebagai orang beriman adalah berdo'a kepada Allah agar kebutuhan air bersih kita di cukupkan oleh Allah Azza Wajallah.

Wassalam...

ISKANDAR DORMAN
Instagram : @iskandardorman
Facebook : /isdormanofficial
Twitter : @isdorman
Youtube : ISKANDAR DORMAN

0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar