Ketika orang-orang membicarakan keburukanmu

‏عندما يتحدث الناس عنك بسوء وأنت تعلم أنك لم تخطئ في حق أحد منهم، تذكر أن تحمد الله الذي أشغلهم بك ولم يشغلك بهم

"Ketika orang-orang membicarakan keburukanmu, padahal engkau pun tahu, dirimu tidak melakukan kesalahan dengan merampas hak salah satu dari mereka. Maka hendaknya memuji Allâh ﷻ yang telah menyibukan mereka demi kamu, dan kamu tidak disibukkan oleh mereka."

Dunia ini seperti gunung, gemanya bergantung padamu. Jika engkau meneriakkan kebaikan, dunia akan memantulkan kebaikan itu kembali kepadamu. Demikian pula jika engkau meneriakkan keburukan, dunia pun akan memantulkan keburukan itu kembali padamu. Bahkan jika seseorang berkata buruk tentangmu, tetap katakan yang baik tentangnya. Ubahlah hatimu untuk mengubah duniamu.

Orang yang besar akan bertindak tegas kepada dirinya sendiri. Sedangkan orang yang rendah akan bertindak tegas kepada orang lain ..!

Dari Sayyidina An Nu’man bin Basyir رضي الله عنه, bahwa Nabi ﷺ bersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ. أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (qalbu).” (Hr. Bukhari No. 52 dan Muslim No. 1599)

________________
#Institut_Manajemen_Nubuwwah (IMAN)

0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar