Amalan Ramadhan para Sahabat Nabi Yang Sulit di Amalkan di zaman Sekarang

DISCLAIMER ini adalah skrip untuk konten youtube, jika kamu malas baca, silakan Nonton Saja Videonya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang kembali di channel Youtube Iskandar Dorman, kali ini kita membahas tentang "amalan-amalan yang dilakukan para sahabat nabi di bulan Ramadan yang sulit untuk diamalkan di zaman sekarang".

Sebagaimana yang kita ketahui, Ramadan adalah bulan suci yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Selain puasa, ada banyak amalan-amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadan untuk meningkatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah. Namun, tidak semua amalan mudah untuk dilakukan di zaman sekarang.

Pada zaman dahulu, para sahabat nabi sangat tekun dalam melakukan ibadah di bulan Ramadan. Bahkan, mereka rela meninggalkan segala kesibukan dunia demi beribadah. Berikut ini adalah beberapa amalan yang dilakukan para sahabat nabi di bulan Ramadan yang sulit untuk diamalkan di zaman sekarang:

  1. Pertama, tilawah Al-Quran. Para sahabat nabi sangat tekun dalam membaca dan menghafal Al-Quran di bulan Ramadan. Mereka bahkan rela mengorbankan waktu tidur untuk membaca dan mempelajari Al-Quran. Namun, di zaman sekarang, banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lain sehingga sulit untuk meluangkan waktu untuk membaca Al-Quran.
  2. Kedua, iktikaf. Iktikaf adalah amalan yang dilakukan dengan mengisolasi diri di masjid selama beberapa hari dalam bulan Ramadan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Para sahabat nabi sangat tekun dalam melakukan iktikaf di bulan Ramadan. Namun, di zaman sekarang, sulit untuk mengambil cuti dari pekerjaan atau kegiatan lain untuk melakukan iktikaf.
  3. Ketiga, sedekah. Para sahabat nabi sangat dermawan dan gemar bersedekah di bulan Ramadan. Mereka bahkan rela memberikan harta yang mereka miliki untuk membantu sesama. Namun, di zaman sekarang, banyak orang yang sibuk dengan urusan dunia dan tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk bersedekah dengan melihat banyaknya tanggung jawab dan kebutuhan.
  4. Keempat, tarawih. Tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan di bulan Ramadan setelah shalat Isya. Para sahabat nabi sangat tekun dalam melaksanakan tarawih di bulan Ramadan. Namun, di zaman sekarang, sulit untuk meluangkan waktu untuk melaksanakan tarawih karena banyaknya kesibukan yang harus dilakukan setelah shalat Isya.
  5. Kelima, tadarus. Tadarus adalah kegiatan membaca Al-Quran secara berjamaah di bulan Ramadan. Para sahabat nabi sangat tekun dalam melaksanakan tadarus di bulan Ramadan. Namun, di zaman sekarang, sulit untuk melaksanakan tadarus karena banyaknya kesibukan yang harus dilakukan.

Demikianlah beberapa amalan yang dilakukan para sahabat nabi di bulan Ramadan yang sulit untuk diamalkan di zaman sekarang. Meski sulit dilakukan, kita tetap dapat berusaha untuk melakukan beberapa amalan tersebut agar mendapatkan pahala yang besar di bulan Ramadan. Namun, kita juga tidak boleh lupa untuk berusaha melakukan amalan yang lain yang masih bisa dilakukan di zaman sekarang.

Dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan, ada banyak amalan yang bisa dilakukan selain yang telah disebutkan tadi. Misalnya, kita bisa memperbanyak membaca Al-Quran, bersedekah, dan melakukan ibadah sunnah seperti tarawih dan witir. Selain itu, kita juga harus berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, bukan hanya kuantitasnya.

Kita juga harus selalu mengingat bahwa ibadah di bulan Ramadan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus. Lebih dari itu, ibadah di bulan Ramadan adalah tentang memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan berdoa kepada Allah SWT agar diberi kekuatan untuk melaksanakan ibadah dengan baik.

Meskipun, Mungkin, Amalan-amalan tereebut sulit untuk diamalkan di zaman sekarang, namun tetap bisa dicontoh dari para sahabat Nabi. Semoga kita bisa mencontoh mereka dan mendapatkan pahala yang besar di bulan Ramadan ini. Terima kasih sudah menonton, jangan lupa like, share, dan subscribe channel kami untuk mendapatkan konten-konten Islami lainnya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 comments:

Post a Comment

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar