Penyakit Hati :: Riya'

Riya’ merupakan suatu jenis penyakit hati yang sangat berbahaya karena bersifat lembut (samar-samar) tapi berdampak luar biasa. Bersifat lembut karena masuk dalam hati secara halus sehingga kebanyakan orang tak merasa kalau telah terserang penyakit ini. Dan berdampak luar biasa, karena bila suatu amalan dijangkiti penyakit riya’ maka amalan itu tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wata’ala dan pelakunya mendapat ancaman keras dari Allah subhanahu wata’ala. Oleh karena itu Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam sangat khawatir bila penyakit ini menimpa umatnya.

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya yang paling ditakutkan dari apa yang saya takutkan menimpa kalian adalah asy syirkul ashghar (syirik kecil), maka para shahabat bertanya, apa yang dimaksud dengan asy syirkul ashghar? Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Ar Riya’.” (HR. Ahmad dari shahabat Mahmud bin Labid no. 27742)

Arriya’ (الرياء) berasal dari kata kerja raâ ( راءى) yang bermakna memperlihatkan. Sedangkan yang dimaksud dengan riya’ adalah memperlihatkan (memperbagus) suatu amalan ibadah tertentu seperti shalat, shaum (puasa), atau lainnya dengan tujuan agar mendapat perhatian dan pujian manusia. Semakna dengan riya’ adalah Sum’ah yaitu memperdengarkan suatu amalan ibadah tertentu yang sama tujuannya dengan riya’ yaitu supaya mendapat perhatian dan pujian manusia.

Perlu diketahui bahwa segala amalan itu tergantung pada niatnya. Bila suatu amalan itu diniatkan ikhlas karena Allah subhanahu wata’ala maka amalan itu akan diterima oleh Allah subhanahu wata’ala. Begitu juga sebaliknya, bila amalan itu diniatkan agar mendapat perhatian, pujian, atau ingin meraih sesuatu dari urusan duniawi, maka amalan itu tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wata’ala. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya amalan itu tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya amalan seseorang itu akan dibalas sesuai dengan apa yang ia niatkan.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Ibadah merupakan hak Allah subhanahu wata’ala yang bersifat mutlak. Bahwa ibadah itu murni untuk Allah subhanahu wata’ala, tidak boleh dicampuri dengan niatan lain selain untuk-Nya. Sebagaimana peringatan Allah subhanahu wata’ala dalam firman-Nya (artinya):
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan (ikhlas) ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.” (Al Bayyinah: 5)

Baca Juga :





Bentuk dan Hukum Riya

BENTUK-BENTUK RIYA’
Bentuk-bentuk riya’ beraneka ragam warnanya dan coraknya. Bisa berupa perbuatan, perkataan, atau pun penampilan yang diniatkan sekedar mencari popularitas dan sanjungan orang lain, maka ini semua tergolong dari bentuk-bentuk perbuatan riya’ yang dilarang dalam agama Islam.

HUKUM RIYA’
Riya’ merupakan dosa besar. Karena riya’ termasuk perbuatan syirik kecil. Sebagaimana hadits di atas dari shahabat Mahmud bin Labid, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya yang paling ditakutkan dari apa yang saya takutkan menimpa kalian adalah asy syirkul ashghar (syirik kecil), maka para shahabat bertanya, apa yang dimaksud dengan asy syirkul ashghar? Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Ar Riya’.”
 
Selain riya’ merupakan syirik kecil, ia pun mendatangkan berbagai macam mara bahaya.



Bahaya Penyakit Riya'

Penyakit riya’ merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena memilki dampak negatif yang luar biasa.
Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya): “Hai orang-orang yang beriman janganlah kalian menghilangkan pahala sedekahmu dengan selalu menyebut-nyebut dan dengan menyakiti perasaan si penerima, seperti orang-orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ kepada manusia dan tidak beriman kepada Allah dan hari akhir”. (Al Baqarah: 264)

Dalam konteks ayat di atas, Allah subhanahu wata’ala memberitakan akibat amalan sedekah yang selalu disebut-sebut atau menyakiti perasaan si penerima maka akan berakibat sebagaimana akibat dari perbuatan riya’ yaitu amalan itu tiada berarti karena tertolak di sisi Allah subhanahu wata’ala.
Ayat di atas tidak hanya mencela perbuatanya saja (riya’), tentu celaan ini pun tertuju kepada pelakunya.

Bahkan dalam ayat yang lain, Allah subhanahu wata’ala mengancam bahwa kesudahan yang akan dialami orang-orang yang berbuat riya’ adalah kecelakaan (kebinasaan) di akhirat kelak. Sebagaimana firman-Nya:
“Wail (Kecelakaanlah) bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, dan orang-orang yang berbuat riya’, … “ (Al Maa’uun: 4-7)
Diperkuat lagi, adanya penafsiran dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, makna Al Wail adalah ungkapan dari dasyatnya adzab di akhirat kelak. (Tafsir Ibnu Katsir 1/118)

Sedangkan dalam hadits yang shahih, Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwa ancaman bagi orang yang berbuat riya’ yaitu Allah subhanahu wata’ala akan meninggalkannya. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Muslim dari shahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“Barangsiapa yang mengerjakan suatu amalan dengan mencampurkan kesyirikan bersama-Ku, niscaya Aku tinggalkan dia dan amal kesyirikannya itu”.

Bila Allah subhanahu wata’ala meninggalkannya siapa lagi yang dapat menyelamatkan dia baik di dunia dan di akhirat kelak?
Dalam hadits lain, Allah subhanahu wata’ala benar-benar akan mencampakkan pelaku perbuatan riya’ ke dalam An Naar. Sebagaimana hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan Al Imam Muslim, bahwa yang pertama kali dihisab di hari kiamat tiga golongan manusia: pertama; seseorang yang mati di medan jihad, kedua; pembaca Al Qur’an, dan yang ketiga; seseorang yang suka berinfaq. Jenis golongan manusia ini Allah subhanahu wata’ala campakkan dalam An Naar karena mereka beramal bukan karena Allah subhanahu wata’ala namun sekedar mencari popularitas. (Lihat HR. Muslim no. 1678)

Perlu diketahui, bahwa riya’ yang dapat membatalkan sebuah amalan adalah bila riya’ itu menjadi asal (dasar) suatu niatan. Bila riya’ itu muncul secara tiba-tiba tanpa disangka dan tidak terus menerus, maka hal ini tidak membatalkan sebuah amalan.

Perkara Yang Bukan RIYA’

BEBERAPA PERKARA YANG BUKAN TERMASUK RIYA’
1. Seseorang yang beramal dengan ikhlas, namun mendapatkan pujian dari manusia tanpa ia kehendaki.
Diriwayatkan oleh Al Imam Muslim dari shahabat Abu Dzar, bahwa ada seorang shahabat bertanya kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam : “Apa pendapatmu tentang seseorang yang beramal (secara ikhlas) dengan amal kebaikan yang kemudian manusia memujinya?” Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Itu adalah kabar gembira yang disegerakan bagi seorang mukmin”.

2. Seseorang yang memperindah penampilan karena keindahan Islam.
Diriwayatkan oleh Al Imam Muslim dari shahabat Ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Tidaklah masuk Al Jannah seseorang yang di dalam hatinya ada seberat dzarrah (setitik) dari kesombongan.” Berkata seseorang: “(Bagaimana jika) seseorang menyukai untuk memperindah pakaian dan sandal yang ia kenakan? Seraya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala itu indah dan menyukai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain”.
 
3. Beramal karena memberikan teladan bagi orang lain.
Hal ini sering dilakukan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Seperti Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam shalat diatas mimbar bertujuan supaya para shahabat bisa mencontohnya. Demikian pula seorang pendidik, hendaknya dia memberikan dan menampakkan suri tauladan atau figur yang baik agar dapat diteladani oleh anak didiknya. Ini bukanlah bagian dari riya’, bahkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa yang memberikan teladan yang baik dalam Islam, kemudian ada yang mengamalkannya, maka dicatat baginya kebaikan seperti orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi sedikitpun dari kebaikannya.” (HR. Muslim no. 1017)
 
4. Bukan termasuk riya’ pula bila ia semangat beramal ketika berada ditengah orang-orang yang lagi semangat beramal. Karena ia merasa terpacu dan terdorong untuk beramal shalih. Namun hendaknya orang ini selalu mewaspadai niat dalam hatinya dan berusaha untuk selalu semangat beramal meskipun tidak ada orang yang mendorongnya.
 
Semoga risalah ini mendorong kita untuk memperbanyak ibadah dan selalu waspada dari bahaya perbuatan riya’. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Cara Menghilangkan Sifat Riya

Di antara cara untuk mencegah dan mengobati perbuatan riya’ adalah:
1. Mengetahui dan memahami keagungan Allah subhanahu wata’ala, yang memiliki nama-nama dan sifat-sifat yang tinggi dan sempurna.
Ketahuilah, Allah subhanahu wata’ala adalah Maha Mendengar dan Maha Melihat serta Maha Mengetahui apa-apa yang nampak ataupun yang tersembunyi. Maka akankah kita merasa diperhatikan dan diawasi oleh manusia sementara kita tidak merasa diawasi oleh Allah subhanahu wata’ala?
Bukankah Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):”Katakanlah: “Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu menampakkannya, pasti Allah mengetahuinya”, …” (Ali Imran: 29)

2. Selalu mengingat akan kematian.
Ketahuilah, bahwa setiap jiwa akan merasakan kematian. Ketika seseorang selalu mengingat kematian maka ia akan berusaha mengikhlaskan setiap ibadah yang ia kerjakan. Ia merasa khawatir ketika ia berbuat riya’ sementara ajal siap menjemputnya tanpa minta izin /permisi terlebih dahulu. Sehingga ia khawatir meninggalkan dunia bukan dalam keadaan husnul khatimah (baik akhirnya) tapi su’ul khatimah (jelek akhirnya).

3. Banyak berdo’a dan merasa takut dari perbuatan riya’.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam telah mengajarkan kepada kita do’a yang dapat menjauhkan kita dari perbuatan syirik besar dan syirik kecil. Diriwayatkan oleh Al Imam Ahmad dan At Thabrani dari shahabat Abu Musa Al Asy’ari bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wahai manusia takutlah akan As Syirik ini, sesungguhnya ia lebih tersamar dari pada semut. Maka berkata padanya: “Bagaimana kami merasa takut dengannya sementara ia lebih tersamar daripada semut? Maka berkata Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam :” Ucapkanlah:
“Ya, Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik yang kami ketahui. Dan kami memohon ampunan kepada-Mu dari dosa (syirik) yang kami tidak mengetahuinya.”
 
4. Terus memperbanyak mengerjakan amalan shalih.
Berusahalah terus memperbanyak amalan shalih, baik dalam keadaan sendirian atau pun dihadapan orang lain. Karena tidaklah dibenarkan seseorang meninggalkan suatu amalan yang mulia karena takut riya’. Dan Islam menganjurkan umat untuk berlomba-lomba memperbanyak amalan shalih. Bila riya’ itu muncul maka segeralah ditepis dan jangan dibiarkan terus menerus karena itu adalah bisikan setan.
 
Apa yang kita amalkan ini belum seberapa dibandingkan amalan, ibadah, ilmu dan perjuangan para shahabat dan para ulama’. Lalu apa yang akan kita banggakan? Ibadah dan ilmu kita amatlah jauh dan jauh sekali bila dibandingkan dengan ilmu dan ibadah mereka.
Berusaha untuk tidak menceritakan kebaikan yang kita amalkan kepada orang lain, kecuali dalam keadaan darurat. Seperti, bila orang berpuasa yang bertamu, kemudian dijamu. Boleh baginya mengatakan bahwa ia dalam keadaan berpuasa. (Lihat HR. Al Imam Muslim dari sahabat Zuhair bin Harb no. 1150)

Namun boleh pula baginya berbuka (membatalkan puasa selama bukan puasa yang wajib) untuk menghormati jamuan tuan rumah.

Informasi Jord Pakkatto 2012

Jord Pakatto 2012 Sulawesi Selatan, Berlangsung Tanggal 16 sampai dengan 20 Juni 2012, Pertemuan Akbar Seluruh Umat Islam di Dunia yang Berlangsung di Pakkatto ini akan di hadiri Ulama-Ulama Berbagai Negara dari beberapa Benua di Seluruh Dunia. Disana Akan di Bentangkan Takaza Agama, Insya Allah Kita Semua Siap Ambil Bagian.

Blog ini Akan di Update Mengikuti Perkembangan Informasi yang di terima pengelolah Blog 

Caroline Margareth Natasha

Nama Caroline Margareth Natasha Kini Menjadi Perbincangan Hangat di Berbagai Media, Baik di Media Cetak, Dunia Pertelevisian dan Di Dunia Maya, Photo-photo Syur dan video Karolin Margret Natasa adalah anggota DPR Komisi IX dari Kalimantan Barat yang merupakan putri Gubernur Kalimantan Barat. Baru-baru ini ibu cantik beranak satu itu tengah digoncang isu atas beredarnya video porno mirip dirinya. Saat mencoba penelurusan tentang berita tersebut, ditemukan lebih dari tujuh juta hasil pencarian di Internet tentang Photo-photo Syur dan video Caroline Margareth Natasha....

Citra DPR Kembali Tercoreng, Memang Politik itu Sarat dengan Hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma agama, Kembali ALLAH memperlihatkan bahwa kebahagiaan itu bukan terletak pada Pangkat dan Jabatan, Melainkan Hanya Dalam Amal Agama yang Sempurna, Sebagaimana yang di Contohkan Oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.
BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc
Karena ini juga, Istri-Istri Nabi dan Istri para sahabat radiallahu anhum memberikan contoh bagi wanita di zaman mereka agar tidak keluar Rumah Jika tidak di temani Rijal atau Mahramnya, Itupun Harus Menutup Aurat Secara Sempurna menggunakan Cadar dan Purdah, ini Bukan Karena Kondisi Tanah Arab yang berdebu, melainkan Perintah Allah Melalui FirmanNYA dalam Surat Al Ahzab Ayat 59, yang kebanyakan orang masih menafikkan Ayat ini.

Islam Begitu Memuliakan Wanita, Karena Wanita Bukanlah Pisang Goreng, Yang Bisa di Lihat, Di Pegang, di Coba dan Dirasa Sebelum Di Beli, Perintah Untuk menutup Aurat Bukanlah Penghalang Untuk Maju. Bukan Juga Sesuatu yang bersifat mengekang Wanita. ( Bagi Mereka Yang Memahami ).


Pengalaman Operasi Usus Buntu

Selasa Malam, Saat Saya Menghadiri Musyawarah Halaqah ( Halaqah Maros Utara ) di Masjid Pertamina Belang-Belang Maros, Tiba-tiba Ada Kabar dari Teman Bahwasanya Ada salah seorang dari Saudara Kami yang sedang berjuang melawan sakit karena Penyakit Usus Buntu, dan diangkat juga dalam Musyawarah untuk bantuan pengobatan Beliau.

Selepas Musyawarah, Salah seorang Ustadz yang ada disitu ( Ust. Am ). menceritakan pengalamannya menderita sakit Usus Buntu dan Pengalamannya saat Operasi Usus Buntu. Salah Seorang Ustadz Bertanya 
Ust. Us : Sakit Nggak Waktu di Operasi ?
Ust. Am : Bukan Soal Sakitnya, Tapi Soal Sadisnya.
Ust..Us : Sadis Kenapa ?
Ust. Am : ( Menceritakan Pengalamannya )

Saat Operasi Saya Tidak Merasakan Apa-apa, karena saya dalam keadaan tidak sadar, sebelum operasi Saya di Suruh Melepaskan Seluruh Pakaian Saya dan Menggantinya dengan Sarung Saya Malu Sekali, Tapi Apa Boleh Buat, itu demi Kesembuhan Saya.

Ust Us : Yang Suruh Buka Celana Laki atau Perempuan ?
Ust Am : Dokter, Laki-laki, tidak sampai disitu, saya disuruh berbaring di Tempat Tidur Kemudian Sang Dokter Mengenakan Kaos Tangan Lalu Memasukkan Jari Tengahnya Kedalam Lubang Pantat Saya, Lalu Menggerak-gerakkannya ke kanan dan ke kiri, mencoba mencari Daerah yang Sakit, Setelah itu Saya Pun di Operasi.

Saat Saya Siuman Dari Obat Bius Pasca Operasi, Saya Ingin Turun dari tempat tidur dan Ingin segera pulang kerumah, tapi salah seorang perawat perempuan mencegah dan mengatakan tahan pak, selangnya mau di lepasin dulu... Betapa Kagetnya Saya, Ketika Ternyata Pada Lubang Kemaluan Saya Ada Selang Kecil. Saya katakan Biar Saya Saja Bu... Perawatnya Bilang Tidak Boleh, Mungkin di takutkan salah. Lalu Saya Meminta Bapak Dokter yang Mengoperasi Saya Saja yang Mencabutnya. Sang Perawat Mengatakan tapi Saya pak Yang di Tugaskan....

Sudah pak, Tidak Usah malu, biasa saja kok, jawab perawat itu santai lalu dengan lincah sang perawat menarik selang dari dalam lubang kemaluanku dan woooww.... ternyata panjang Sekali, Sekitar enam puluh sentimeter.

Ust Is : Itu Gejala Awalnya Gimana ?
Ust Am : Pada Saat Saya Buang Dua, Saya Merasa Sakit Pada Ulu Hati Saya, Sakiiiiiiittt sekali, semakin bergerak semakin sakit, lalu saya dibawa kedokter dan Oleh Dokter Saya di diagnosa sakit Usus Buntu yang katanya harus segera di operasi. Saya Teringat Salah Seorang Penderita Usus Buntu di Kampungku yang harus Meregang nyawa akibat membiarkan sakit usus buntunya berlarut-larut dan hingga akhirnya semakin parah.

Di Terjemahkan Dari Bahasa Makassar Oleh : Pemilik Blog



Ruginya Ketinggalan Takbiratul Ula'

Hari ini aku berkabung, Aku Mengusahakan agar paling tidak bisa tiga kali dalam setahun tidak ketinggalan Takbirnya Imam dalam Shalat Berjamaah selama empat puluh hari berturut-turut, Tapiii.... Malam Musyawarah Halaqah Membuatku Gagal, Padahal Aku Telah Berjuang !!!

Semoga Allah Mengizinkanku untuk Memulai Lagi dari Awal

Arrrggghhh...... Semoga Allah Mengampuniku, Sungguh ini Bukan Inginku.

-_-

Empat Bulan Jalan Kaki

BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc 

Spontan Ku Angkat Tangan Saat Pembentangan Takaza Empat Bulan Jalan Kaki di Masjid Nurul Qalbi, Ahad 22 April 2012, Aku Sangat Ingin menempuh perjalanan empat bulan, merasakan mujahadahnya para sahabat radiallahu anhum saat menyebarkan Islam Keseluruh Alam, Ku Pilih Rute Ke Maluku, Berharap Perjalananku Kesana Menjadi Asbab Hidayah Terkhusus Untuk kakakKu agar Mengenal Usaha Dakwah, Juga Untuk Masyarakat Ambon Pada Umumnya dan Sekaligus Menjadi Asbab Hidayah Untuk Ummat Seluruh Alam. Jika Aku Sanggup Menjalaninya, tentu itu sama sekali tidak ada artinya dibandingkan dengan perjuangan para sahabat Radiallahu Anhum.

Insya Allah, Aku Berniat Untuk Berishlah Diri, Kulakukan ini semata-mata sebagai metode untuk membentuk Iman dalam diriku, agar mampu mengamalkan agama secara sempurna di dalam diriku, setidaknya dalam empat bulan tersebut Aku Bisa Shalat Berjamaah di Masjid Tepat Waktu Selama Tiga Kali Empat Puluh Hari Tanpa Ketinggalan Takbiratul Ula', Yang Sangat Sulit untuk kulakukan saat Aku Maqomi di Mahallah Sendiri.

Semoga Allah Memudahkanku, Aaamiiinn......

Kitab Fadhilah Amal Terbaru 2012

BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc 
Hadits dho’if adalah setiap hadits yang mardud (tertolak) yang tidak memenuhi syarat hadits shahih atau hadits hasan. Boleh jadi hadits tersebut terputus sanadnya, terdapat perowi yang tidak ‘adl (tidak sholih), sering berdusta, dituduh dusta, sering keliru, atau hadits tersebut memiliki ‘illah (cacat yang tersembunyi) atau riwayatnya menyelisihi riwayat perowi yang lebih tsiqoh (lebih terpercaya) darinya.

Mereka yang Sering mencari kekurangan dari kitab fadhail amal dan Usaha Dakwah Jamaah Tabligh ( JT ), Menjelek-jelekkan tentang hadist-hadist yang terkandung dalam buku fadhilah amal, saat telah masuk kedalam Usaha Dakwah, Justru Mereka sendiri yang akan berjuang membela Usaha Nubuwwah yang saat ini Sudah Mulai di Jalankan Oleh Jutaan Orang di Seluruh Belahan Dunia.

Mengapa Demikian ? Itu Karena Mereka Tidak Pernah Tahu dan tidak pernah mau tahu Apa Isi Dari Kitab Fadhail Amal, dan ketika Mereka sudah mengetahui, maka mereka akan merasa sangat menyesal, dan menyadari bahwa apa yang mereka sanksikan terhadap buku fadhail amal adalah Salah.

Buku Fadhilah Amal Indonesia Sudah di Revisi, Perbedaan yang sangat mencolok antara fadhilah amal terbitan sebelumnya adalah tidak ada lagi singkatan-singkatan seperti SAW, SWT, r.a, rah.a, dan lain-lain. Sampul Kitab ini berwarna Hijau, lebih dikenal dengan Buku Fadhilah Amal Versi Kebun Jeruk.

Hukum Melepaskan Sandal di Pekuburan

BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc 
Sedikit kami memaparkan hukum melepas sendal di pekuburan :
1. pendapat yg harus melepas sendal.
Rasulullah b'sabda :
يا صاحب السبتيتين، ويحك ألق سبتيتيك فنظر الرجل، فلما عرف رسول الله صلى الله عليه وسلم خلعهما فرمى بهما
"Wahai pemakai sandal” celaka kamu, lepaskan sandalmu! Maka laki-laki tersebut melihat beliau, setelah mengetahui bahwa yang memerintahkan itu adalah Rosulullah, maka dia langsung melepasnya, kemudian melempar kedua sandalnya tersebut” (H.R. Abu Daud, An-Nasa’I dan Ibnu Majah)

-->> Illat hadits/ asbabul wuru hadits (sebab diucapkanhadits) :
Hal tersebut di makruhkan oleh Rasullah krn (pada waktu itu) sendal tersebut terbuat dari kulit dan identik dgn kesombongan smntra Rasulullah sangat menyukai seseorang yang masuk ke kuburan dengan memakai pakaian thawadhu’ dan pakaian yang mendatangkan kekhusu’an
Sedangkn menurut Imam Ahmad memakruhkan hal tersebut "ketika tidak adanya udzur, jika ada udzur yang menghalangi seseorang yang berjalan di kuburan untuk melepaskan sandalnya seperti adanya duri dan najis maka hal itu tidak dihukumi makruh"


2. Pendapat yang membolehkan memakai sendal.
Dari Anas, Rasulullah bersabda :
إن العبد إذا وضع في قبره وتولى أصحابه إنه ليسمع قرع نعالهم
“Sesungguhnya seorang hamba, jika telah diletakkan di dalam kuburnya, kemudian para sahabatnya pergi meninggalkannya, Maka sesungguhnya ia mendengar bunyi suara sandal para sahabatnya tersebut.” (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Daud dan An-Nasa’i).


Dengan hadist ini para Ulama berhujah tentang bolehnya berjalan di kuburan dengan memakai sandal dan menyebutkan bahwa hadits yang melarang memakai sendal krn dgn adanya Illat.

Perbedaan Pendapat Ulama dan Pemuka Agama, Hendaknya Jangan Menjadi Hal yang menimbulkan perpecahan, kembalikan kepada AL-QURAN dan AL-HADIST
Disampaikan Oleh : Ust. Luqman
Wallahu wa'lam ^_^

Malam Markaz

BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc 
Hari Kamis Adalah Hari yang sangat dinanti-nantikan oleh para pekerja dakwah ( Karkun ), Dimana Setiap Kamis Sore, tepatnya selepas shalat ashar biasanya para pekerja dakwah yang juga mempunyai asbab lain untuk mencari rezeki dari Allah seperti mereka yang bekerja di kantor, dikebun, ditoko dan lain sebagainya. datang ( malam Markaz ). atau ke masjid tempat berkumpulnya para pekerja dakwah.

Malam Markaz Seperti sebuah pesta akbar yang mempertemukan para pekerja dakwah dari berbagai Halaqah dan Mahallah. Kendatipun tidak ada perayaan khusus seperti makan-makan dan lain-lain dalam setiap Malam Markaz, wajah-wajah mereka tampak begitu ceria, apalagi saat bertemu kawan pekerja dakwah yang lama tidak bertemu atau mungkin baru selesai Intiqoli, Khuruj Fii Sabilillah dari tempat yang jauh.

Mereka berbagi kebahagiaan, berbagi kargosary atau pengalaman, dan yang tak kalah penting adalah mereka saling mengingatkan perkara iman dan amal shalih, pemandangan yang mengharukan juga tak pernah lepas dari setiap sudut pada Malam Markaz, manakala ada diantara mereka yang saling berpelukan dan menangis. biasanya yang seperti ini terjadi karena tangis haru setelah lama tidak bertemu dan ada juga yang menangisi kesalahan mereka yang mungkin pernah pecah hati ( Berselisih faham ) Saat sama-sama Keluar kejalan Allah.....

Malam Markaz, adalah sarana atau metode yang diberikan oleh para mashaikh untuk refresh dan recharging keimanan yang bisa menurun sewaktu-waktu. Semoga Allah Memberkahi Kehidupan Para Pekerja Dakwah yang Rela Meninggalkan dan Ditinggalkan Anak Istri, Keluarga, mengorbankan waktu dan Harta yang Allah titipkan Pada Mereka untuk mereka gunakan di Jalan Allah.

Pemandangan Shalat Maghrib dan Isya di setiap Markaz di seluruh dunia akan tampak seperti suasana lebaran, dimana tak satupun shaff yang kosong, bahkan ada yang menggelar tikar dihalaman masjid untuk melaksanakan shalat Maghrib dan Isya Secara berjamaah, yang membedakan adalah tak ada wanita dalam barisan jamaah. Buat teman-teman karkun.... Jangan Pernah Ketinggalan satu kalipun Malam Markaz.

Buat Saudara-saudara yang Ingin Tahu Banyak tentang Malam Markaz dan Usaha Dakwah, Silakan Berkunjung ke Masjid Tempat berkumpulnya para Pekerja Dakwah untuk melaksanakan Shalat Maghrib dan Isya disana setiap Kamis Petang ( Malam Jum'at / Kamis Malam ). Semoga Allah Mengekalkan Hidayah yang diberikan pada kita dan menurunkan Hidayah di Kampung Seluruh Alam.

dan Jika Ada yang menganggap ini adalah Bid'ah sesungguhnya mereka telah menganggap Shalat Berjamaah dan mendengarkan Bayyan adalah suatu kebid'ahan... Wallahu A'lam.... ~~~



Paru-Paru Perokok

BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc 
inilah dampak kerusakan paru-paru pada seorang perokok, silakan liat pada gambar dibawah ini, selanjutnya tinggal anda yang menentukan, apakah anda tetap ingin menjadi seorang perokok, ataukah memulai untuk belajar meninggalkan kebiasaan merokok dan memulai untuk hidup sehat, bebas dari asap rokok.

INGATLAH !!!
Merokok dapat Merugikan Kesehatan, Menyebabkan Serangan Jantung, Impotensi, Gangguan Kehamilan dan Janin, Meningkatkan kesejahteraan Tukang Gali Kubur, Mengurangi Populasi Manusia yang sering membuat polusi dengan asap rokok, mengurangi belanja dapur, menyibukkan dokter dan lain-lain.

Al Qashash 77



BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc





77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. 


POSTINGAN SEBELUMNYA CLICK DISINI

Kisah Sara Bokker Mengenal Islam

Aku lepaskan bikini untuk Niqab, akhirnya aku bebas! Seorang wanita Barat, artis, aktivis feminis liberal, model, yang hidup layaknya seperti para wanita Barat dalam gaya hidup dan cara berpakaian seperti menggunakan bikini, kemudian masuk Islam setelah menyadari bahwa Islam sangat menjaga harga diri dan hak-hak perempuan, dan ia kemudian memakai Niqab yang ia yakini sebagai simbol kebebasan wanita, ia menulis kisahnya sebagai berikut: 

"Aku seorang wanita Amerika yang lahir di tengah jantung Amerika. Aku tumbuh seperti gadis lainnya (seperti biasanya wanita Barat –red), terpaku dengan hidup glamor di kota besar. Akhirnya aku pindah ke Flourida dan kemudian ke Pantai selatan Miami, pusatnya bagi yang mencari kehidupan glamor. Tentu saja aku melakukan apa yang rata-rata para wanita Barat lakukan.

Aku fokus pada penampilanku dan mendasarkan diriku “berharga” pada berapa banyak perhatian yang aku dapat dari orang lain. Saya bekerja diluar batas keagamaan dan menjadi personal trainer, memperoleh sebuah rumah tepi pantai kelas atas, menjadi seorang “penunjuk” pantai-bioskop dan dapat mencapai gaya hidup (ala Barat –red).


Bertahun-tahun berlalu, hanya untuk menyadari bahwa skalaku dalam pemenuhan diri dan kebahagiaaan meluncur turun, semakin aku berkembang di tampilan “feminim” ku. Aku adalah budak fashion, aku adalah seorang sandera dalam penampilanku. Karena kesenjangan berlanjut semakin melebar antara pemenuhan diri dan gaya hidup, aku mencari pertolongan untuk terlepas dari alkohol dan pesta ke meditasi, aktivisme, dan alternative agama.

Akhirnya aku menyadari bahwa semua itu (alkohol dan gaya hidup hedonis –red) hanyalah pembunuh untuk “rasa sakit” bukan obat yang efektif. Pada saat itu adalah 11 September 2001. Dimana aku menyaksikan serangan berikutnya adalah terhadap Islam, nilai-nilai dan budaya-budaya Islam, dan deklarasi paling terkenal “perang salib baru”, aku mulai melihat sesuatu yang disebut Islam.


Hingga pada saat itu, semua aku kaitkan dengan Islam, para wanita yang “terkurung dalam tenda”, para pemukul Istri (kekerasan suami), dan dunia “terorisme”. Sebagai seorang feminis liberal, dan seorang aktivis yang mengejar dunia yang lebih baik, jalanku bertemu dengan para aktivis lainnya yang telah lama mempimpin "reformasi penyebab diskriminasi dan keadilan untuk semua (kelompok feminis)". Suatu hari, aku menemukan sebuah buku yang stereotip negatif di Barat -Kitab suci Al Qur’an- .

Awalnya aku tertarik dengan gaya dan pendekatan Al Qur’an, dan kemudian tertarik oleh prospek pada eksistensi, kehidupan, penciptaan, dan hubungan antara Sang Pencipta dan ciptaan-Nya. Aku menemukan Al Qur’an menjadi alamat wawasan untuk hati dan jiwa tanpa perlu seorang penerjemah atau pendeta.

Akhirnya aku menyentuh momentum kebenaran: penemuan baruku, pemenuhan diri, aktivisme tidak ada apa-apanya dari menghargai sebuah keimanan yang dinamai Islam, dimana aku dapat hidup di dalam damai sebagai muslim yang fungsional. Aku membeli sebuah gaun panjang yang indah (abaya) dan penutup kepala (kerudung) menyerupai kode/simbol berpakaian muslimah dan aku berjalan menyusuri jalan dan lingkungan yang sama dimana beberapa hari sebelumnya aku berjalan dengan celana pendek, bikini, atau pakaian bisnis “elegan” Barat.

Meskipun orang-orang, wajah-wajah, dan semua toko sama, hal itu sangat berbeda, aku tidak merasa sedamai menjadi seorang wanita yang saya alami untuk pertama kalinya itu. Aku merasa seolah-olah rantai telah rusak dan akhirnya aku bebas. Aku sangat senang dengan penampilan baruku, heran dengan wajah orang-orang (memandang) seperti pemburu melihat mangsanya.

Tiba-tiba beban berat dipundakku terangkat. Aku tidak lagi menghabiskan waktuku untuk berbelanja, mengurus rambutku, dan bekerja. Akhirnya, aku bebas!. Dari semua tempat, saya menemukan Islam saya di jantung apa yang disebut “tempat paling keji di bumi”. Disaat puas dengan Jilbab, aku menjadi penasaran tentang Niqab, melihat meningkatknya jumlah muslimah memakainya.

Aku bertanya kepada suamiku yang Islam-yang aku nikahi setelah aku berpindah ke Islam-apakah aku harus memakai Niqab atau hanya memakai Jilbab yang telah aku pakai. Suamiku hanya menasehatiku bahwa dia meyakini Jilbab adalah wajib sementara Niqab tidak. Pada saat itu, Jilbabku menutupi semua rambut kecuali wajahku, dan gaun hitam panjang yang dikenal “Abaya” yang menutupi seluruh badanku dari leher hingga kaki.

Setahun setengah berlalu, dan aku mengatakan kepada suamiku, aku ingin memakai Niqab. Alasanku, saat ini adalah aku merasa itu akan membuat Allah Sang Pencipta lebih ridho, meningkatkan perasaan damai karena menjadi lebih sederhana. Dia mendukung keputusanku dan mengajakku untuk membeli “Isdaal”, sebuah gaun hitam panjang yang menutupi tubuh dari kepala hingga kaki, dan Niqab, yang menutupi seluruh kepalaku dan wajahku kecuali mataku.

BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc 

Tak lama kemudian, berita pelanggaran tentang politisi, pendeta Vatikan, para liberal, dan yang menyebut diri para aktivis “hak asasi manusia” dan “kebebasan” mengutuk Jilbab dan Niqab sebagai tekanan bagi perempuan, hambatan bagi integrasi sosial, dan baru-baru ini, seorang pejabat Mesir mengatakan itu “adalah tanda keterbelakangan”. Aku merasa ini adalah sebuah kemunafikan terang-terangan ketika pemerintah Barat dan yang menyebut diri kelompok “hak asasi manusia” tergesa-gesa membela “hak-hak wanita” ketika beberapa pemerintahan memberlakukan kode pakaian tertentu terhadap wanita, seperti “para pejuang kebebasan” melihat ke arah lain ketika para wanita dirampas hak-hak mereka, (seperti) pekerjaan dan pendidikan hanya karena mereka memilih hak mereka untuk mengenakan Niqab atau Jilbab.

Saat ini, para wanita berjilbab atau yang mengenakan Niqab meningkat dilarang dari pekerjaan dan pendidikan tidak hanya dibawah rezim totaliter seperti Tunisia, Maroko, Mesir, tetapi juga "demokrasi" Barat seperti Prancis, Belanda, dan Inggris. Hari ini, aku masih seorang “feminis”, tetapi seorang “feminis muslim” yang menyeru para muslimah untuk memikul tanggungjawab mereka dalam memberikan semua dukungan yang mereka bisa untuk suami mereka untuk menjadi seorang muslim yang baik.

Untuk membesarkan anak-anak mereka sebagai muslim yang lurus sehingga semoga mereka menjadi cahaya untuk semua ummat manusia, untuk memerintahkan kebaikan dan melarang keburukan (dakwah). Untuk berbicara kebenaran dan untuk berbicara melawan semua penyakit, untuk memperjuangkan hak-hak kami (muslimah) untuk memakai Niqab atau Jilbab dan untuk mencari ridho Allah Sang Pecipta kita dengan cara apapun yang kita pilih.

Tetapi sama pentingnya membawa pengalaman kita dengan Niqab atau Jilbab untuk sesama perempuan yang mungkin tidak pernah memiliki kesempatan untuk memahami bagaimana memakai Niqab atau Jilbab berarti untuk kita dan mengapa kita begitu mahal, dan mendukungnya. Setuju atau tidak, para wanita (saat ini) dibombardir dengan (propaganda -red) gaya “pakaian ‘sedikit’ tidak apa-apa” hampir di setiap sarana komunikasi di dunia. Sebagai mantan non-Muslim, aku bersikeras untuk hak-hak perempuan untuk sama-sama mengetahui tentang hijab, ini adalah kebajikan, dan kedamaian dan kebahagiaan, membawa kehidupan seorang perempuan seperti yang terjadi denganku.

Kemarin, bikini adalah simbol dari “kebebasan” ku, ketika pada kenyataannya itu hanya membebaskan ku dari spiritualitas dan nilai-nilai kebenaran sebagai manusia yang terhormat. Aku tidak dapat hidup lebih bahagia untuk melepaskan bikini ku di pantai Selatan dan gaya hidup glamor Barat untuk hidup di dalam kedamaian dengan Pencipta ku dan menikmati hidup diantara sesame manusia sebagai seorang yang berharga.

Ini mengapa aku memilih Niqab, dan mengapa aku akan mati-matian membela hak asasi ku untuk memakainya. Hari ini, Niqab adalah simbol baru untuk kebebasan wanita!. Untuk para wanita yang menyerah kepada stereotip buruk melawan kesopanan Islam, Hijab, aku katakan: kalian tidak tahu apa yang kalian telah kehilangan!. Sara Bokker Sara Bokker adalah mantan artis/model/instruktur fitness dan aktivis feminis yang telah masuk Islam. Saat ini, Sara adalah direktur Komunikasi pada “The March For Justice”, assisten pendiri “The Global Sisters Network” dan produser terkenal “The Global Sisters Network".

Putra Ayu Azhari Ikut Usaha Dakwah

Pemuda yang satu ini tengah duduk santai di sebuah masjid di Antapani Bandung. Ia berbalut sorban putih dengan jubah berwarna coklat muda. Ucapan bahasa arabnya ketika membacakan alquran dan hadits sangat fasih.


Selintas mungkin tidak akan menyangka bahwa pemuda ini adalah Axel Gondokusumo putra artis ternama Ayu Azhari dari suami pertama Wisnu Djody Gondokusumo yang meninggal pada 2002 lalu.


Axel begitu sapaan akrabnya mencoba berbagi dengan wartaislam perihal kehidupannya yang baru ia rasakan dua tahun belakangan ini. Ia menceritakan bahwa masa remajanya saat ia berusia 13 tahun sampai 18 tahun ia lalui dengan kebimbangan dan kehampaan.


Lama ia hidup di negara barat seperti Austarlia dan Amerika untuk mengenyam pendidikan, namun kebebasan ala barat lah yang ia rasakan. Padahal sewaktu kecil ketika dididik oleh ayah angkatnya Teemu Yusuf Ibrahim ia masih rajin mengaji.


“Saat saya pindah ke luar negeri, turunlah keimanan saya karena kebebasan dan pergaulan ala barat. Kehidupan saya bebas tapi ngga menemukan ketenangan. Kalau shalat jalan terus, karena sudah dididik dari kecil,” katanya.


Sepulang dari negara barat, kehidupannya masih tak berubah. Ia selalu pulang malam bahkan kadang tak pulang dengan berbagai alasan yang intinya menghabiskan waktu bersama rekan-rekannya. Apa yang ia mau dari ibunya pasti terpenuhi. Cuma sekali lagi ia tidak menikmatinya.


Saking bandelnya suatu saat ibunya sudah kesal dan memintanya untuk menemui om Irfan rekan almarhum bapaknya. Dari sinilah ia berkenalan dengan jalan dakwah. Axel diajak ke masjid di bilangan Cinere Jakarta dan ia menetap disana selama tiga hari. Peristiwa itu terjadi awal bulan April 2010 ketika usianya menginjak 19 tahun.


“Habis beres tiga hari ini hati saya terasa senang. Sangat nikmat sekali. Ketika pulang saya ngga mau lagi shalat di rumah, maunya di masjid. Saya akhirnya ikut lagi om irfan selama tiga hari tiap pekan,” kata Axel.


Tidak hanya berkeliling masjid saya pun berangkat pergi keluar negeri menikmati suasana dakwah diluar sana. Seperti di India, Bangladesh dan Hongkong, “Saya bertemu dengan ulama-ulama disana yang rendah hati. Disana shalat subuhnya kayak shalat jumat,” tutur Axel.


BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc
Sampai akhirnya ia paham bahwa kesenangan dunia yang selama ini ia rasakan hanyalah sebuah tipu daya. Kesenangannya saat ini terletak pada perbuatan amal agama yang sempurna yang dicontohkan Rasulullah beserta para sahabatnya.
Usaha Dakwah Mampu Mengubah Kehidupan Seorang Axel, Tapi Mengapa dinegera Mayoritas Islam, Usaha dakwah dan Tabligh masih menemui banyak hambatan, yang justru datangnya dari orang-orang Islam Sendiri.


Karaoke Keliling Telkomsel

BATIK MOTIF BOLA 2012, KUNJUNGI : www.tokobatikonline.co.cc 
Pagi ini Saya Dapat SMS Dari TELKOMSEL yang isinya :
TELKOMSEL : Menangkan Karaoke Keliling Telkomsel, tersedia berbagai hadiah menarik di Pameran HP & Modem Murah tgl 19-21 April 2012 di Terminal Baru Maros, GRATIS.TD

hehehe.... ini sekedar Info Buat Teman-teman yang ingin mendapatkan Hadiah Menarik dari TELKOMSEL, Silakan berkunjung ke Terminal Baru Maros, Jika tidak bisa Karaoke mungkin sekedar melihat-lihat pameran HP dan Modem Murah. Siapa Tahu Ada Yang Menarik dan sesuai budget untuk dibeli, Lokasinya disebelah utara Kantor Bupati Maros dan Bank Pembangunan Daerah ( BPD ) Maros atau dekat Pantai Tak Berombak ( PTB ).

Thanks For Visit, Sampai Jumpa di Postingan Berikutnya.

Number One For Me-Maher Zein-Lirik


I was a foolish little child
Crazy things I used to do
And all the pain I put you through
Mama now I'm here for you

For all the times I made you cry
The days I told you lies
Now it's time for you to rise
For all the things you sacrificed
 
Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you
Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you

Mom I'm all grown up now
I'ts a brand new day
I'd like to put a smile on your face everyday

Mom I'm all grown up now
And it's not too late
I'd like to put a smile on your face everyday

You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
Oh oh
number one for me

Now I finally understand
That  famous  line
About the day I'd face in time
Coz now I have a child of mine

Even though I was so bad
I've learnt so much from you
Now I'm trying to do it too
Love my kids the way you do

Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you
Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you

Mom I'm all grown up now
I'ts a brand new day
I'd like to put a smile on your face everyday

Mom I'm all grown up now
And it's not too late
I'd like to put a smile on your face everyday

You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
Oh oh
number one for me

There is no one in this world
That can take your place
Oooh I'm sorry for ever taken you for granted

I will use every chance I get
To make you smile
Whenever I'm around you

Now I will to try to love you
Like you love me
Only God knows how much you mean to me

Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you
Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you


Mom I'm all grown up now
I'ts a brand new day
I'd like to put a smile on your face everyday






Cara Unik Update Status Facebook


Hello... Posting Kali ini Aku akan Share Cara Update Status facebook Yang Unik, Misalkan Mau Update Status yang memberikan keterangan bahwasanya kita mengupdate status menggunakan Handphone Blackberry, padahal Kita Tidak Punya Handphone Blackberry, How Can ??? Yepp Itulah Okenya Bodrex <lol> 

Naahh.... Tanpa Perlu Pembahasan Panjang Kali Lebar Kali Tinggi, Let's check it out... How to do them...
Mula-mula Anda Harus Login Akun Facebook Anda melalui Perangkat komputer, Laptop atau Tablet PC, kemudian Anda Bisa Pilih Salah Satu Link Dibawah ini
Sebelum Bisa Mengupdate Status facebook Menggunakan Salah satu Fasilitas diatas, anda diminta untuk menyetujui aplikasi tersebut agar bisa mengupdate status menggunakan akun facebook Anda.

Kalau Butuh Bantuan Lainnya, Dengan Senang Hati Aku Tunggu Postingan Anda Pada Halaman Facebookku

Selamat Mencoba ^_^

Logo Club Sepak Bola Dunia

LOGO AC MILAN



 LOGO ARSENAL



LOGO 

LOGO CHELSEA


LOGO INTERMILAN


LOGO JUVENTUS

LOGO LIVERPOOL

LOGO MANCHESTER UNITED

LOGO REAL MADRID


Dapatkan Koleksi Baju Batik Motif Bola EURO 2012 di www.tokobatikonline.co.cc atau CLICK DISINI

TREND BATIK MOTIF BOLA 2012

Gabung Sindo Community Sekarang

10 Artikel Terpopuler di BLOG Nandar